PERSYARATAN UMUM

·         Mengisi formulir pendaftaran.

·         Fotocopy KTP dan Kartu Keluarga (KK) masing – masing 5 lembar

·         Fotocopy passport 3 lembar.

·         Fotocopy Buku Nikah (Bagi Suami Istri) 3 lembar.

·         Biaya pendaftaran USD.6/000/pax.

·         Passphoto berwarna dan Background warna putih dengan fokus wajah 80% ukuran 4×6 = 15 lembar 3×4=  15 lembar.

 

PERSYARATAN KHUSUS

·         Bagi pendaftaran yang berusia diatas 60 tahun harus ada pendamping dari pihak calon jamaah (salah seorang keluarga, berbadan sehat / dinyatakan dengan surat keterangan sehat dari dokter).

·         Diharuskan menggunakan jasa muttawief khusus.

·         Untuk kenyamanan di Hotel selama menjalankan ibadah Haji, diharuskan memilih paket sekamar berdua (Double Room).

·         Melampirkan surat keterangan sehat dari dokter.

·         Dan untuk kenyamanan di Hotel selama menjalankan ibadah Haji, Bagi suami istri disarankan memilih paket sekamar berdua (Double Room).

·         Untuk jamaah yang mendaftar 1 kamar berempat (Quad) akan dicarikan pasanganya apabila tidak mendapatkan pasangannya, maka harus membayar sesuai kamar yang tersedia.

 

KETENTUAN KHUSUS

·         Bagi pendaftar yang berusia diatas 60 tahun (sakit/sehat) harus ada pendamping dari pihak calon jamaah (salah seorang keluarga, berbadan sehat/dinyatakan dengan surat keterangan sehat dari dokter).

·         Diharuskan menggunakan jasa muttawief khusus.

·         Untuk kenyamanan di Hotel selama menjalankan ibadah Haji, diharuskan memilih paket sekamar berdua (Double Room)

·         Melampirkan surat keterangan sehat dari dokter.

 

KETENTUAN PEMBATALAN

Pengunduran diri bagi calon jamaah yang telah terdaftar dikenakan biaya pembatalan dari harga paket dengan ketentuan sebagai berikut :

·         Setelah mendapatkan kuota/ nomor porsi/ BPIH (Bukti Pembayaran Ibadah Haji) dari kementrian dipotong 10% dari biaya paket.

·         Setelah pelunasan BPIH dipotong 25% dari biaya paket.

·         Satu bulan sebelum tanggal keberangkatan dipotong 75% dari biaya paket.

·         Dua minggu sebelum tanggal keberangkatan dipotong 100% dari biaya paket.

 

BIAYA PAKET SUDAH TERMASUK

·         Tiket pesawat regular rute Jakarta – Jeddah – Jakarta class Economy (sesuai paket)

·         Transportasi darat :

·         Bus Naqabah Upgrade VIP

·         Bus Tanazul selama masyair

·         Hotel sesuai paket

·         Pembimbing ibadah/tour leader dari Indonesia

·         Dokter

·         Local guide/mutowief laki laki (perempuan untuk mengantar jamaah perempuah ke Raudhah)

·         Bagasi seberat 30kg per jamaah (disesuaikan dengan Airlines).

·         Air Zam zam 5 liter

·         Tenda eksekutif di Arafah dan Mina

·         Perlengkapan untuk ibadah Haji.

BIAYA PAKET TIDAK TERMASUK

·         Kelebihan bagasi (maksimum 30kg, disesuaikan dengan ketentuan penerbangan).

·         Ziarah/tour di luar program perjalanan .

·         Dam

·         Pengeluaran pribadi.

·         Biaya kesehatan, Vaksinasi.

·         Biaya document/passport.

·         Badal Haji

·         Kargo

 

** untuk haji khusus (ONH PLUS), keberangkatannya berdasarkan nomor urut porsi dan keputusan      Kementerian Agama Republik Indonesia.

** harga sewaktu-waktu dapat berubah 

Hari  01: JAKARTA- JEDDAH – MAKKAH: Seluruh Jamaah harus sudah berada di Lounge Umroh Bandara Soekarno-Hatta, Pukul 07.00 WIB dengan memakai Seragam Batik Gaido warna Orange. Jamaah berkumpul untuk mengikuti acara Seremonial Pelepasan Jamaah Haji Gaido sekaligus mendengarkan pembekalan akhir dan Do’a bersama menjelang keberangkatan ke Tanah Suci, setelah masing-masing jamaah mendapatkan Boarding Pass. Jamaah berangkat dari lounge menuju bandara dan proses imigrasi untuk menuju ruang tunggu pesawat, dengan mengucapkan Bismillahirrahmannirrahim, Insya Allah Jamaah akan take off /lepas landas dari Bandara Soekarno-Hatta menuju Kota Jeddah, dengan pesawat Saudi Airlines (SV 817) Waktu Keberangkatan/ETD Pukul 11.00 WIB, dan tiba di Jeddah (Bandara King Abdul Aziz) Waktu kedatangan/ ETA Pukul 16.30. Di Terminal Haji tersebut untuk Proses Imigrasi, Bea Cukai, Pengurusan Transportasi dll, kemudian seluruh jamaah akan di bawa ke tempat peristirahatan Khusus jamaah Indonesia untuk persiapan perjalanan selanjutnya menuju kota Makkah. (Biasanya Birokrasi di terminal Haji Jeddah akan memakan waktu + 4 Jam). Memakai Kain Ihram di Bandara Jeddah sekaligus mengambil Miqot Selanjutnya jamaah bersiap-siap untuk naik bus yang telah di sediakan. Dengan di pimpin oleh pembimbing Ibadah pada saat bus mau bertolak meninggalkan terminal Haji Jeddah menuju Kota Makkah (Hotel Pullman Zam Zam) para jamaah bersama-sama membaca Do’a dan Mengucapkan Niat Umrah di lanjutkan dengan mengumandangkan bacaan Talbiyah & Sholawat sepanjang perjalanan. (Perjalanan ke kota Makkah biasanya akan memakan waktu + 3 Jam, karena akan melewati beberapa Check Poin & Birokrasi Haji terlebih dahulu). Setelah makan malam dan pembagian kunci kamar dan merapihkan bagasi/barang bawaan-nya masing-masing jamaah akan dibimbing untuk melaksanakan Umrah wajib. Setelah itu jamaah dipersilahkan untuk beristirahat.

 

Hari 02 – 04: MAKKAH: Sholat Wajib Lima Waktu di Masjidil Haram. Ba’da Sholat Shubuh dan Isya mengikuti ceramah umum yang akan di sampaikan oleh Pembimbing Ibadah dan perbanyak Ibadah selama di Masjidil Haram khususnya Thawaf sunah yang tidak ada ditempat manapun kecuali di Masjidil Haram.

 

Hari  05: MAKKAH (Ziarah dan City Tour): Setelah Sholat Shubuh berjamaah di Masjidil Haram, Jamaah sarapan pagi di Hotel Pullman Zam Zam dan akan berkumpul di Lobby Hotel Pukul 07.30 untuk berangkat City Tour dan Ziarah kota Makkah menggunakan Bus AC mengunjungi Jabal Tsur, Padang Arafah, Mina, Jabal Nur, Jabal Rahmah & Ji’ranah yang merupakan salah satu tempat Miqat Ahlul Makkah. (Bagi yang mau melaksanakan umrah agar membawa pakaian Ihram lengkap dan akan mengambil niat umrah dari tempat Miqot Ji’ranah). Kemudian Sholat Wajib Lima Waktu di Masjidil Haram. Setiap Ba’da Sholat Shubuh dan Isya mengikuti ceramah umum yang akan di sampaikan oleh Pembimbing Ibadah, dan perbanyak Ibadah selama di Masjidil Haram khususnya Thawaf sunah yang tidak ada ditempat manapun kecuali di Masjidil Haram.

 

Hari  06: MAKKAH: Sholat Wajib Lima Waktu di Masjidil Haram. Ba’da Sholat Shubuh dan Isya mengikuti ceramah umum yang akan di sampaikan oleh Pembimbing Ibadah, dan perbanyak Ibadah selama di Masjidil Haram khususnya Thawaf sunah yang tidak ada ditempat manapun kecuali di Masjidil Haram.

 

Hari  07: MAKKAH- APARTMENT TRANSIT: Sholat Shubuh berjamaah di Masjidil Haram. Sebelum sarapan pagi di Hotel Pullman Zam Zam, seluruh bagasi/koper disiapkan didepan kamar masing masing untuk dibawa ke apartment transit. Makan siang di Hotel Pullman Zamzam. Setelah Sholat Dzuhur jamaah menuju Apartment Transit dengan menggunakan Bus AC, tiba di Apartment Transit Jamaah dibagikan kunci kamar dan merapihkan bagasi/barang bawaan-nya masing-masing kemudian melaksanakan Sholat dan makan malam di Apartment Transit setelah itu jamaah beristirahat.

 

Hari 08 – 10: APARTMENT TRANSIT: Mengikuti kegiatan Rutin selama di Apartment Transit, Sholat Wajib Lima Waktu dan Sarapan Pagi, Makan Siang & Malam di Apartment Transit. Setiap Ba’da Sholat Shubuh dan Isya jamaah mengikuti ceramah umum yang akan di sampaikan oleh Pembimbing Ibadah. Konsolidasi, persiapan Fisik menjelang Wukuf Arafah, dan perbanyak Ibadah selama di Apartment Transit.

 

Hari 11: APARTMENT TRANSIT- ARAFAH: Mengikuti kegiatan Rutin selama di Apartment Transit, Sholat Wajib Lima Waktu dan Sarapan Pagi, persiapan Sholat Jum’at Berjamaah, Makan Siang & Malam di Apartment Transit. Persiapan Keberangkatan ke Padang Arafah (Membawa pakaian ganti, perlengkapan Ibadah & keperluan pribadi secukupnya untuk selama di ARMINA, tas koper besar di tinggal di Apartment Transit). Setelah Sholat Isya Pembimbing Ibadah akan menyampaikan pembekalan akhir Manasik Haji menjelang keberangkatan ke Padang Arafah. +  Pukul 23.30 Para Jamaah  akan bergerak menuju Padang Arafah dengan Bus AC setelah Mandi, Sholat Sunah & Berpakaian Ihram lengkap. Niat Haji akan di baca bersama-sama di dalam bus yang akan dipandu oleh pembimbing Ibadah. Mengumandangkan Talbiyah & Shalawat selama dalam perjalanan menuju Arafah. Memperbanyak Ibadah, Do’a & Dzikir selama berada di Arafah. Istirahat di tenda Arafah yang telah di sediakan secukupnya untuk persiapan ibadah Wukuf pada keesokan harinya.

 

Hari  12: ARAFAH –MUZDALIFAH: Sholat Shubuh berjama’ah di Tenda Arafah, dilanjutkan dengan mengikuti Ceramah Umum oleh pembimbing Ibadah. Sarapan pagi di Tenda Arafah yang telah di sediakan. Perbanyak Ibadah & Dzikir menjelang Wukuf Arafah. Sholat Dzuhur & Ashar Jama’ Taqdim Qashar berjamaah dilanjutkan dengan mendengarkan khutbah Wukuf Arafah hingga selesai, kemudian berdzikir dan membaca doa bersama-sama dengan khusyu’ & Khidmat. Setelah Makan Siang melanjutkan Ritual Ibadah di Arafah dengan memperbanyak Ibadah, dzikir, shalawat dan do’a menurut hajat-nya masing-masing. (Bacaan Dzikir & Do’a dapat  merujuk pada buku dzikir dan do’a yang telah kami bagikan). Sholat Magrib & Sholat  Isya Jama’ taqdim Qasar berjamaah di Arafah, dilanjutkan dengan persiapan keberangkatan menuju Muzdalifah. Setelah Makan Malam berangkat menuju Muzdalifah (tunggu Instruksi dari Petugas) untuk Mabit / bermalam di-Muzdalifah (berhenti sejenak/Melintas).

 

Hari  13: MUZDALIFAH – MAKKAH – TRANSIT – MINA: Menuju Makkah untuk Thawaf Ifadoh, Sa’i (Tahallul Awal). Setelah selesai melaksanakan rangkaian Thawaf Ifadhoh, jamaah selanjutnya menuju ke Apartment Transit (istirahat), Setelah Sholat Ashar menuju tenda Mina dilanjutkan Melontar Jumrah Aqabah dengan 7 butir batu kerikil (pakaian seragam kaos Gaido / tunggu Instruksi dari Petugas). Kembali ke tenda Mina.

 

Hari 14: MINA: Sholat Shubuh berjama’ah & Sarapan pagi di Tenda Mina. Perbanyak Ibadah selama di Mina Sholat Dzuhur & Ashar, Sholat Magrib & Isya Jama’ Taqdim Qashar berjamaah di tenda Mina dilanjutkan dengan mendengarkan Ceramah umum dari pembimbing Ibadah. Makan Siang dan makan Malam di Tenda Mina yang telah di sediakan. Melontar 3 Jumrah pada hari tasyrik pertama (‘Ula, Wustha, Aqabah, masing-masing 7 butir batu kerikil) bersama-sama pada sore harinya (tunggu Instruksi dari Petugas). Mengisi Acara di mina pada malam hari ke-Dua dengan bacaan-bacaan, dzikir, shalawat dan do’a menurut hajat-nya masing-masing. (Bacaan Dzikir & do’a dapat merujuk pada buku dzikir dan do’a yang telah kami bagikan).

 

Hari 15: MINA – TRANSIT: Sholat Shubuh berjama’ah di Tenda Mina dilanjutkan dengan mendengarkan Ceramah umum dari pembimbing Ibadah. Setelah Sarapan pagi, Jamaah akan Melontar 3 Jumrah pada hari tasyrik ke Dua (Ula, Wustha, Aqabah, masing-masing 7 butir batu kerikil) bersama-sama hingga selesai (tunggu Instruksi dari Petugas).

Sholat Dzuhur & Ashar Jama’ Taqdim Qashar berjamaah di tenda Mina. Setelah makan Siang Jamaah akan segera Meninggalkan Mina/kembali ke Apartment Transit awal sebelum terbenam matahari (Nafar Awal) untuk beristirahat.

 

Hari 16: TRANSIT: Mengikuti kegiatan Rutin selama di Apartment Transit, Sholat Wajib Lima Waktu dan Sarapan Pagi, makan Siang & makan Malam di Apartment Transit. Setiap Ba’da Sholat Shubuh dan Isya’ jamaah mengikuti ceramah umum yang akan di sampaikan oleh Pembimbing Ibadah. Sekitar pukul 23.50 jamaah akan dibawa menuju ke Masjidil Haram untuk melaksanakan Thawaf Wadha, kemudian kembali ke Apartment Transit.

 

Hari 17: TRANSIT – MADINAH: Sholat Shubuh berjama’ah di Apartment Transit dilanjutkan dengan konsolidasi teknik keberangkatan menuju kota Madinah. Sarapan pagi di Apartment Transit, Persiapan keberangkatan ke kota Madinah dengan bus AC (mengikuti Instruksi Petugas). Sholat Zuhur dan Ashar diperjalanan. Insya Allah Jamaah Haji akan tiba di kota madinah pada malam hari waktu setempat dan langsung Check In di Hotel AL – HARAM MADINAH untuk beristirahat.

 

Hari 18: MADINAH: Sholat Wajib Lima Waktu di Masjid Nabawi. Ba’da Sholat Shubuh dan sholat Isya’, jamaah mengikuti ceramah umum yang akan di sampaikan oleh Pembimbing Ibadah dan perbanyak Ibadah selama di Masjid Nabawi. Melaksanakan Sholat Jum’at berjamaah di Masjid Nabawi.

 

Hari 19: MADINAH (Ziarah Dalam): Sholat Shubuh berjama’ah di Masjid Nabawi. Setelah Sarapan pagi pukul. 07.00 Jamaah Haji akan berziarah di Sekitar Masjid Nabawi (Raudhah, makam Rasullullah, para sahabat & Baqi) hingga selesai dan selanjutnya mengikuti kegiatan Rutin Sholat Fardhu dan perbanyak ibadah Sholat Sunah di Masjid Nabawi. Makan Siang & makan Malam di Hotel AL Haram, kemudian beristirahat.

 

Hari 20 -21: MADINAH: Sholat Wajib Lima Waktu di Masjid Nabawi. Ba’da Sholat Shubuh dan sholat Isya’, jamaah mengikuti ceramah umum yang akan di sampaikan oleh Pembimbing Ibadah dan perbanyak Ibadah selama di Masjid Nabawi.

 

Hari  22: MADINAH (City Tour dan Ziarah Kota ): Sholat Shubuh berjama’ah di Masjid Nabawi. Setelah sarapan pagi pukul 07.00, dilanjutkan City Tour/Ziarah Kota Madinah dengan mengunjungi Masjid Quba, Jabal Uhud, Masjid Qiblatein dan Masjid Sab’ah (Khandaq). Acara ziarah akan diakhiri dengan berbelanja oleh-oleh di Perkebunan/Ladang Kurma.

 

Hari 23: MADINAH: Sholat Shubuh berjama’ah di Masjid Nabawi. Sarapan pagi di Hotel. Acara Bebas perbanyak ibadah, Setelah Makan siang persiapan Check out Hotel. Seluruh jamaah akan melaksanakan Sholat Dzuhur dan Ashar di jamak taqdim dan qashar.  Jamaah bersiap-siap menuju Bandara International Prince Muhammad bin Abdulaziz Madinah dengan menggunakan BUS AC untuk bertolak kembali ke Jakarta. Sholat Maghrib dan Sholat Isya’ diperjalanan (tunggu Instruksi dari Petugas).

 

Hari 24: MADINAH – JAKARTA: Dengan menggunakan Pesawat Saudi Airlines (SV 820), waktu Keberangkatan/ETD pukul 00.15 WSA. Tiba di Jakarta Waktu Kedatangan/ETA pukul 14.00 WIB.  Insya-Allah Jamaah tiba kembali di tanah air dengan selamat, semoga memperoleh Haji yang Mabrur. Aamiin…..

 

Klien Kami